Selasa, 21 April 2020

Soal HOTS Materi Ekologi Bagian 1

Salam Semangat!
Sebagai bagian dari semesta manusia membutuhkan pengetahuan dan pemahaman tentang lingkungan yang ada di sekitarnya. Mengapa? Tentu agar kita sebagai manusia dapat menempatkan diri kita dengan baik dan benar.
Menjadi makhluk ciptaan Tuhan yang paling istimewa kedudukan manusia dalam tatanan kehidupan berpengaruh besar terhadap keberlangsungan kehidupan itu sendiri.

Apa itu Ekologi?


Mempelajari ekologi berarti mempelajari ilmu tentang ekosistem. Ekosistem sendiri merupakan pola interaksi/hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Apa saja yang perlu diulas? 
  • Komponen Ekosistem
  • Pola Interaksi 
  • Aliran Energi dan Produktivitas Ekosistem
  • Daur Biogeokimia
  • Dinamika Komunitas
Mari belajar bersama melalui penyelesaian soal-soal berikut!

Komponen Ekosistem

Simaklah video berikut!
Cobalah untuk menuliskan obyek apa saja yang dapat kamu lihat dalam video tersebut?
Video tersebut menggambarkan berbagai macam ekosistem di Indonesia, hasil temuanmu dalam video merupakan komponen penyusunnya. Ingat kembali materi tentang ekosistem, tersusun dari komponen apa sajakah ekosistem? Ya, ekosistem tersusun dari komponen biotik dan komponen abiotik. Lihat kembali daftar yang kamu buat, periksalah apakah kamu sudah mencantumkan baik komponen biotik atau pun komponen abiotik? Komponen abiotik apakah tidak mudah teridentifikasi dalam video tersebut? Mengapa?
Untuk membantu kamu memahami tentang ekosistem silakan simak video berikut ini!



Aktifkan subtitel Indonesia bila kamu kesulitan mengartikannya. Caranya disini.
Nah, bila kamu menyelesaikan semua pertanyaan diatas berarti kamu telah belajar mandiri tentang ekosistem. Untuk mendapatkan feedback silakan isikan jawabanmu pada form berikut:







Terima kasih, jangan sungkan bertanya di kolom komentar apabila mengalami kesulitan.
Apabila kalian sudah menyelesaikan soal ini silakan klik lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar