Minggu, 19 April 2020

Transpor Membran, Lengkap dengan Soal HOTS

Halo anak-anak!
Salam Semangat!
Yuk belajar bersama Mrs.Ticha..

Ingat kembali bahwa bagi makhluk hidup multiseluler tubuhnya tersusun dari milyaran bahkan trilyunan sel yang saling berhubungan satu sama lain. Mereka berinteraksi dalam berbagai proses untuk mendukung fungsi kehidupan.
Proses-proses tersebut melibatkan transportasi zat dari satu sel ke sel yang lainnya. Transportasi ini melibatkan membran sel yang memiliki sifat semipermeabel terhadap transpor air dan sifat selektif permeabel terhadap partikel/ion tertentu.

Transpor tersebut digolongkan menjadi dua macam, antara lain:
  1. Transpor Pasif'
  2. Transpor Aktif
Perbedaan dari keduanya adalah kebutuhan energi dalam mentransportasikan zat. Sel tidak butuh energi (ATP) untuk melakukan transpor pasif, sebaliknya pada transpor aktif sel membutuhkannya.

Transpor Pasif pada membran dapat terjadi baik secara difusi ataupun osmosis. 
  • Difusi terjadi bila pengangkutan sel terjadi secara langsung dari larutan yang bersifat hipertonis atau pekat ke larutan yang hipotonis atau encer. Pada difusi yang berpindah/ditransportasikan adalah molekul zat terlarut. Difusi dapat terjadi secara langsung ataupun dengan bantuan protein membran dan protein transpor. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat video di atas.
  • Osmosis berbeda dengan difusi karena yang berpindah/ditransportasikan adalah pelarutnya. Osmosis terjadi pada peristiwa turgid dan plasmolisis pada sel tumbuhan, serta krenasi dan lisis pada sel hewan. Simak video berikut!
Video 1
     
Video 2
Berdasarkan dua video diatas cobalah untuk menyelesaikan Soal HOTS berikut !
  1. Peristiwa apa yang ditunjukankan pada video 1 bila dikaitkan dengan osmosis? Jelaskan!
  2. Video 2 menayangkan pengamatan pada sel darah merah yang direndam dalam larutan isotonik, hipotonik, dan hipertonik. Peristiwa apa yang teramati ketika sel darah merah direndam dalam larutan hipotonik? Peristiwa apa pula yang teramati ketika sel darah merah direndam dalam larutan hipertonik? Jelaskan!
  3. Tuliskan satu contoh bentuk peristiwa osmosis yang belum ditunjukkan oleh video 1 dan 2! 
Isikan jawabanmu pada form berikut ini:


22 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Aliefta zulvansyah bahyperdana
    No absen:03

    BalasHapus
  3. Luthfia Cahyadina Marjuki (21)

    BalasHapus
  4. Reymadha Nesya Aulia Tiandri (02)

    BalasHapus
  5. Qonita Alya Salsabila (23)

    BalasHapus
  6. Stephen Prasetya Chrismawan (19)

    BalasHapus